Artikel Kesehatan

Beberapa Faktor Pemicu Kanker Payudara

Beberapa faktor pemicu kanker payudara – Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang jenis-jenis kanker beserta pengobatannya seperti obat penyakit kanker darah, obat penyakit kanker serviks, obat kanker payudara dll. Kali ini saya akan membahas tentang beberapa faktor pemicu kanker payudara yang mana kanker payudara merupakan jenis kanker yang banyak menyerang kaum hawa.

Menurut Moningkey dan Kodim, penyebab spesifik kanker payudara masih belum diketahui, tetapi terdapat banyak faktor yang diperkirakan mempunyai pengaruh terhadap terjadinya kanker payudara.

Faktor penyebab kanker payudara itu antara lain:

1. Faktor reproduksi
Karakteristik reproduktif yang berhubungan dengan risiko terjadinya kanker payudara adalah nuliparitas, menarche pada umur muda, menopause pada umur lebih tua, dan kehamilan pertama pada umur tua. Risiko utama kanker payudara adalah bertambahnya umur. Diperkirakan, periode antara terjadinya haid pertama dengan umur saat kehamilan pertama merupakan window of initiation perkembangan kanker payudara.
Secara anatomi dan fungsional, payudara akan mengalami atrofi dengan bertambahnya umur. Kurang dari 25% kanker payudara terjadi pada masa sebelum menopause sehingga diperkirakan awal terjadinya tumor terjadi jauh sebelum terjadinya perubahan klinis.

2. Penggunaan hormon
Hormon estrogen berhubungan dengan terjadinya kanker payudara. Laporan dari Harvard School of Public Health menyatakan bahwa terdapat peningkatan kanker payudara yang signifikan pada para pengguna terapi estrogen replacement. Suatu metaanalisis menyatakan bahwa walaupun tidak terdapat risiko kanker payudara pada pengguna kontrasepsi oral, wanita yang menggunakan obat ini untuk waktu yang lama mempunyai risiko tinggi untuk mengalami kanker payudara sebelum menopause.
Sel-sel yang sensitive terhadap rangsangan hormonal mungkin mengalami perubahan degenerasi jinak atau menjadi ganas.

3. Penyakit fibrokistik
Pada wanita dengan adenosis, fibroadenoma, dan fibrosis, tidak ada peningkatan risiko terjadinya kanker payudara. Pada hiperplasis dan papiloma, risiko sedikit meningkat 1,5 sampai 2 kali. Sedangkan pada hiperplasia atipik, risiko meningkat hingga 5 kali.

4. Obesitas
Terdapat hubungan yang positif antara berat badan dan bentuk tubuh dengan kanker payudara pada wanita pasca menopause. Variasi terhadap kekerapan kanker ini di negara-negara Barat dan bukan Barat serta perubahan kekerapan sesudah migrasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh diet terhadap terjadinya keganasan ini.

5. Konsumsi lemak
Konsumsi lemak diperkirakan sebagai suatu faktor risiko terjadinya kanker payudara. Willet dkk. melakukan studi prospektif selama 8 tahun tentang konsumsi lemak dan serat dalam hubungannya dengan risiko kanker payudara pada wanita umur 34 sampai 59 tahun.

6. Radiasi
Eksposur dengan radiasi ionisasi selama atau sesudah pubertas meningkatkan terjadinya risiko kanker payudara. Dari beberapa penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa risiko kanker radiasi berhubungan secara linier dengan dosis dan umur saat terjadinya eksposur.

7. Riwayat keluarga dan faktor genetik
Riwayat keluarga merupakan komponen yang penting dalam riwayat penderita yang akan dilaksanakan skrining untuk kanker payudara. Terdapat peningkatan risiko keganasan pada wanita yang keluarganya menderita kanker payudara.

Gejala-gejala yang Menandakan Adanya Serangan Kanker yang umum dapat dilihat dan dirasakan:
1.  Timbul benjolan pada payudara yang dapat diraba dengan tangan, makin lama benjolan ini makin mengeras dan bentuknya tidak beraturan
2.  Bentuk, ukuran atau berat salah satu payudara berubah
3.  Timbul benjolan kecil dibawah ketiak
4.  Keluar darah, nanah, atau cairan encer dari puting susu
5.  Kulit payudara mengerut seperti kulit jeruk
6.  Bentuk atau arah puting berubah, misalnya puting susu tertekan ke dalam

Pencegahan -> Kanker payudara dapat dicegah dengan cara:
1.  Hindari penggunaan BH yang terlalu ketat dalam waktu lama
2.  HIndari banyak merokok dan mengkonsumsi alkohol
3.  Lakukan pemeriksaan payudara sendiri, setiap bulan
4.  Hindari terlalu banyak terkena sinar-x atau jenis-jenis radiasi lainnya
5.  Jaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar.  Sebaiknya sering mengkonsumsi kedelai serta produk olahannya, seperti tahu, tempe, dan susu kacang kedelai, sebab kedelai mengandung phyto estrogen, yaitu genistein,  yang bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadinya kanker payudara
6.  Lakukan olahraga secara teratur
7.  Hindari terlampau banyak makan makanan berlemak tinggi
8.  Atasi stress dengan baik, misalnya lewat relaksasi dan meditasi
9.  Makanlah lalap kunir puti (temu mangga) lebih kurang dua ruas jari setiap hari

Yang paling beresiko terserang penyakit kanker payudara, yaitu:
1.  Jika dalam keluarga ada penderita kanker payudara
2.  Mendapat haid pertama pada usia sangat muda, atau terlambat mengalami manepause
3.  Tidak pernah menyusi anak
4.  Kegemukan
5.  Tidak pernah melahirkan anak
6.  Pernah mendapat terapi hormon
7.  Pernah mendapat radiasi pada payudara

Hasil studi, menemukan adanya sedikit penurunan resiko serangan kanker payudara pada wanita pre-menopause yang paling lama menyusui anaknya.

Dan jangan khawatir, penyakit kanker pasti bisa di sembuhkan karena segala penyakit pasti ada obatnya termasuk penyakit kanker payudara yaitu dengan obat kanker payudara ( Jelly Gamat ). Selain untuk obat kanker dari beberapa sumber yang membahas tentang jelly gamat yang di kelola oleh Obat herbal sehat yaitu sebagai obat asam urat, obat herbal maag kronis, obat alami jerawat dll.

About agus gustiaman

Pengelola Agen Resmi XAMthone Plus di Bandung Jl. Marga Puri I no 15 Kel Cijawura Kec Buah Batu (komp Margawangi Estate) Ciwastra - Bandung 40287 tlp 087725360122, 082117474011 atau 022-7511060, PIN BB 21DA46A2 atau 227AF731

Posted on 08/14/2011, in Artikel kesehatan, Tak terkategori and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s